Makassar, halalmuisulsel.or.id – Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) bekerjasama dengan Lembaga Pemeriksa Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPH, LPPOM) Sulawesi Selatan menggelar bimtek yang resmi dibuka oleh Direktur LPPOM Raudhatul Jannah Syarief.

Bimbingan Teknis batch pertama ini dilaksanakan di Kantor LPPOM Sulsel Jln. Sultan Alauddin Makassar, Selasa 16 Juli 2024, yang dihadiri oleh Ketua PHRI Sulsel Anggiat Sinaga dan diikuti oleh sejumlah hotel yang ada di Makassar.

Direktur LPPOM Sulsel mengatakan bahwa misi yang akan dicapai oleh lembaganya yakni menjadikan Sulawesi Selatan sebagai kota halal.

“Kami sangat berharap misi ini bisa segera tercapai dengan bantuan dan sinergi PHRI dan menjadikan Sulawesi Selatan sebagai kota halal yang ada di Indonesia,” ujarnya dalam sambutan.

“Kami pun sangat optimis bahwa percepatan itu sangat memungkinkan dan kami juga siap untuk berjibaku dan menunggu kelengkapan dokumen agar memudahkan para auditor mempercepat proses sertifikasi halal,” lanjut Raudhatul Jannah.

Senada dengan Direktur LPPOM, Ketua PHRI Anggiat Sinaga juga mengungkapkan apresiasinya dengan terjalinnya kerjasama dan sinergi antara pihaknya dan lembaga halal LPPOM ini.

Dirinya pun berharap dapat membantu proses percepatan program pemerintah dalam mencanangkan wajib halal Oktober yang telah menjadi regulasi pemerintah saat ini.

“Kami pun di PHRI berharap kepada teman-teman semua agar saling membantu program pemerintah dan juga membantu asosiasi ini agar bisa lebih cepat proses sertifikat halalnya,” ucap Ketua PHRI Sulsel.

Anggiat Sinaga melanjutkan bahwa pihaknya pun telah berupaya mendorong para anggota asosiasi di daerah agar mendaftarkan hotelnya untuk diproses sertifikat halalnya.

“Kami telah menyampaikan kepada teman-teman lain seperti hotel-hotel yang ada di Kota Palopo agar segera mengurus sertifikat halalnya,” tambahnya.

Kontributor: Nur Abdal Patta