Makassar, halalmuisulsel.or.id – Lembaga Pemeriksa Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPH, LPPOM) Sulawesi Selatan bersinergi dengan Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) sertifikasi halal.

Bimtek yang diadakan di kantor LPPOM Sulsel Jln. Sultan Alauddin, Makassar, pada Selasa 16 Juli 2024 diikuti sejumlah perwakilan Hotel yang ada di Kota Makassar. Bimtek pun dibagi dalam beberapa batch.

Tampak dalam sambutannya Direktur LPPOM Sulsel Raudhatul Jannah Syarief mengatakan bahwa bimtek ini adalah tindak lanjut atas MoU pada bulan Ramadan silam.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama ini sebagai respon untuk percepatan program pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama yang mencanangkan Wajib Halal Oktober 2024 (WHO). Ini merupakan upaya dan sinergi untuk mempercepat program Dapur Halal Hotel di Sulawesi Selatan,” ucapnya dalam sambutan.

“Kami pun sangat optimis bahwa percepatan itu sangat memungkinkan dan kami juga siap untuk berjibaku dan menunggu kelengkapan dokumen agar memudahkan para auditor mempercepat proses sertifikasi halal,” lanjut Raudhatul Jannah.

Sementara itu, Ketua PHRI Anggiat Sinaga pun mengungkapkan hal yang sama bahwa asosiasinya pun sudah siap dalam mensukseskan program pemerintah dalam percepatan sertifikat halal ini.

“Kami pun di PHRI berharap kepada teman-teman semua agar saling membantu program pemerintah dan juga membantu asosiasi ini agar bisa lebih cepat proses sertifikat halal ini,” ucap Ketua PHRI Sulsel.

Anggiat Sinaga melanjutkan bahwa pihaknya pun telah berupaya mendorong para anggota asosiasi di daerah agar mendaftarkan hotelnya untuk diproses sertifikat halalnya.

“Kami telah menyampaikan kepada teman-teman lain seperti hotel-hotel yang ada di Kota Palopo agar segera mengurus sertifikat halalnya,” tambahnya.

Kontributor: Nur Abdal Patta