Makassar, halalmuisulsel.or.id – Direktur Lembaga Pemeriksa Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPH LPPOM MUI) Sulawesi Selatan mengajak pada para pelaku usaha untuk turut serta dalam meramaikan Pasar Halal Murah (PHM) yang akan di selenggarakan pada tanggal 29 hingga 31 Maret 2024 mendatang.

Hal ini juga sebagai wujud dalam menjawab tantangan Wajib Halal Oktober (WHO) 2024 yang telah menjadi regulasi pemerintah, dalam hal ini oleh BPJPH, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Tahun 2024 adalah merupakan tahun penting karena pemerintah mencanangkan tahun wajib bersertifikat halal bagi produk makanan, minuman, produk turunan dan produk sembelihan. Oleh karena itu LPH LPPOM MUI Sulawesi Selatan dengan masif mensosialisasikan tahun wajib halal ini dalam beberapa program kerja LPPOM MUI Sulsel.

Direktur LPPOM MUI Sulsel Raudhatul Jannah Syarief mengungkapkan Pada Ramadan kali ini, LPH LPPOM MUI Sulsel akan mengadakan Pasar Halal Murah (PHM) sebagai sosialisasi produk halal yang telah bersertifikat halal dan juga mengajak para pelaku usaha lainnya untuk dapat menjadi rekan di LPPOM MUI.

Dalam kegiatan Pasar Halal Murah yang merupakan sosialisasi produk halal, LPPOM MUI juga akan mengadakan Dialog Halal yang akan menyambung tali silaturahmi antar LPPOM MUI dan pelaku usaha dengan masyarakat umum untuk memberikan beberapa informasi dan edukasi utamanya tentang pentingnya sertifikasi halal. Selain itu Dialog Halal ini menjadi sarana promosi yang efektif bagi para pelaku usaha.

Pasar Halal Murah ini memiliki empat tujuan lain diantarany, pertama adalah untuk meringankan masyarakat sekitar dalam kebutuhan selama Ramadan dan pra lebaran untuk memenuhi bahan pokok yang halal dengan harga di bawah pasar.

Tujuan kedua yakni memberikan informasi kepada masyarakat tentang beberapa produk halal yang ada di sekitarnya. Sedangkan tujuan yang ketiga yakni menjalin tali silaturahmi antara LPPOM MUI dengan para pelaku usaha serta masyarakat.

Sedangkan tujuan keempat adalah mengisi bulan Ramadan dengan aktivitas yang positif dan bermanfaat untuk masyarakat luas.

Pasar Halal Murah ini akan berlangsung selama tiga hari yang dimulai sejak hari Jumat 29 Maret 2024 hingga Ahad 31 Maret 2024, yang berlokasi di Masjid Raya Makassar, tepatnya di parkiran sebelah timur masjid.

Yang menarik lainnya dari kegiatan ini adalah sesi Dialog Halal yang berbentuk podcast.

wajibhalaloktober2024

Kontributor: Nur Abdal Patta