Makassar, halalmuisulsel.or.id – Dalam rangka memperkokoh hubungan tali silaturahmi Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika LPPOM Daerah Khusus Ibukota (LPPOM DKI) Jakarta mengadakan kunjungan silaturahmi ke LPPOM Sulsel.

Menurut Direktur LPPOM DKI, Deden Edi kunjungannya kali ini memang telah direncanakan jauh hari sebelumnya. Pasalnya, ia mengatakan bahwa dirinya telah beberapa kali bertemu dengan Direktur LPPOM Sulsel bersama para tim audit pemeriksa, namun belum pernah melakukan kunjungan ke Makassar.

“Alhamdulillah kali ini berkesempatan mengunjungi kantor LPPOM Sulsel, dan pada kesempatan ini sangat bertepatan dengan agenda lain. Karena niatnya menghadiri undangan pernikahan, maka sekaligus saya pun mengunjungi kantor LPPOM Sulsel di Makassar,” ucap Deden Edi

Deden melanjutkan, “Makassar ini adalah kota penting, karena ia merupakan gerbang utama yang ada di Indonesia Bagian Timur. Itulah sebabnya saya harus berkunjung ke kota ini,” sambungnya.

Deden mengatakan harapannya semoga kedepan LPPOM Sulsel akan semakin berkembang dan berkibar, selain itu dapat semakin meningkatkan mutu pelayanan terhadap UMKM, utamanya yang berkaitan dengan sertifikasi halal yang telah menjadi tugas LPPOM.

Saat ini menurut Deden industri halal sedang di gerakkan oleh pemerintah. Oleh karenanya, pihaknya sendiri sedang berjuang dalam melakukan edukasi dan sosialisasi yang tidak mungkin jika hanya dilakukan sendirian, tetapi harus saling membantu.

“Terkadang jika LPPOM Sulsel ada audit klien di Jakarta, maka kami membantunya memeriksa disana, begitupun sebaliknya, jika kami ada klien yang buka cabang di Makassar maka kami meminta bantuan Makassar untuk mengaudit dan memeriksanya,” tukas Direktur LPPOM DKI Jakarta ini.

Ia pun menambahkan bahwa pihaknya sering mengadakan perekrutan relawan dan diberikan edukasi dan mereka melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait sertifikat halal.

“Hari ini kami ada 80 orang yang di edukasi untuk melakukan sosialisasi sertifikat halal ke masyarakat, dan jika ada pelaku usaha yang mau maka mereka akan di arahkan ke LPPOM DKI,” tutupnya dalam sesi wawancara.

Ia pun menyarankan agar kedepannya di Makassar juga melakukan hal yang sama agar sosialisasi ini semakin tersebar, dan semakin banyak masyarakat pelaku usaha untuk mendaftarkan produknya di LPPOM Sulsel.

Kontributor: Nur Abdal Patta