Makassar – Lembaga pengkajian pangan, obat-obatan dan kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Sulawesi Selatan telah resmi dilantik oleh Direktur utama LPPOM MUI Pusat.

Hal tersebut tertuang dalam surat keputusan Dewan Direksi LPPOM MUI tentang pengangkatan pengurus LPPOM MUI Sulsel dengan nomor: SK07/Dir/LPPOM MUI/V/2023.

Pelantikan tersebut dilaksanakan secara zoom oleh LPPOM MUI pusat di kantor MUI Sulsel Jl. Masjid raya Makassar yang disaksikan langsung oleh Ketua umum Gurutta Prof Nadjamuddin AS, MA dan Sekretaris umum MUI Sulsel Ust Prof Muammar Bakry, MA pada Jumat, 9 Juni 2023.

Setelah pembacaan SK dan pengambilan sumpah dan janji para pengurus, oleh Dirut LPPOM MUI berpesan dalam sambutan virtualnya bahwa saat ini LPPOM sedang menghadapi dua tantangan.

“Tantangan yang pertama adalah menghadapi regulasi pemerintah, dan yang kedua adalah kompetisi dari BPJPH, sehingga membutuhkan sinergitas dari daerah provinsi,” ungkap dirut LPPOM MUI via zoom.

Dirinya pun menjelaskan secara gamblang persoalan yang terkait dengan regulasi pemerintah ini, di mana justru LPPOM MUI sendiri yang belum mengantongi akreditasi secara resmi dari pemerintah.

Ia pun meminta kepada para pengurus LPPOM agar lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, lebih mudah dan lebih transparan serta lebih terjangkau bagi masyarakat serta lebih aktif lagi dalam menjemput bola, terangnya kepada para pengurus yang baru saja dilantik.

Sementara itu, di tempat yang sama Ketua umum MUI Sulsel yang juga selaku dewan pembina berpesan agar lebih memudahkan kepada para costumer, “jika sekiranya para pelaku usaha yang mengurus sertifikat halalnya sudah memenuhi persyaratan dan standar yang telah ditetapkan agar segera menerbitkan sertifikat halal tersebut,” ujarnya dihadapan para pengurus.

Ia pun mengharapkan agar jangan menahan-nahan sertifikat halal ini, agar para pelaku usaha merasa senang dan terbantukan dengan adanya LPPOM MUI di Sulsel ini.

Oleh sebab, jika pelayanan sangat bagus dan cepat maka akan berdampak secara positif terhadap lembaga penerbit sertifikat halal MUI ini.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut adalah Ketua bidang fatwa MUI yang sekaligus juga sebagai dewan pembina LPPOM MUI Sulsel, Sekretaris bidang fatwa dan beberapa pengurus harian MUI lainnya.