Makassar, halalmuisulsel.or.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) mengajak sedikitnya 100 pelaku usaha UMKM untuk sosialisasi sekaligus pelatihan terkait sertifikat halal.

Sosialisasi dan pelatihan sertifikasi halal ini adalah hasil kerjasama antara Lembaga Pengkajian Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPH LPPOM MUI) Sulawesi Selatan dan manajemen Gojek yang di fasilitasi oleh Pemprov.

Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel, Indriastuti Saggaf, SH MH, saat ditemui di ruangannya mengatakan kalau instansinya siap menjadi fasilitator dalam kegiatan ini.

Indriastuti pun melanjutkan bahwa pihaknya akan mengajak pelaku usaha sebanyak 100 orang sebagai peserta sosialisasi. “Jadi dalam kegiatan ini instansi kami menyiapkan 30 orang pelaku usaha di tambah 70 orang dari pihak Gojek, sehingga total keseluruhan peserta 100 orang,” ujar ibu Kabid ini.

Ia pun menambahkan bahwa instansinya akan menyiapkan sarana dan prasarana untuk Coaching Clinic yang dipandu oleh LPH LPPOM MUI Sulsel.

Kegiatan sosialisasi ini akan dilaksanakan pada Rabu, tanggal 22 November 2023 di gedung aula kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jl. A.P. Pettarani, Makassar.

Direktur LPH LPPOM MUI Sulsel Raudhatul Jannah Syarief, S.TP saat ditemui mengatakan kegiatan ini telah lama direncanakan oleh pihaknya bersama Gojek dan melibatkan unsur pemerintah dalam giat ini.

Raudhatul Jannah melanjutkan dalam agenda tersebut, membahas beberapa persiapan terkait sosialisasi sertifikasi halal dan Coaching Clinic. “Pada kerjasama coaching clinic ini akan melibatkan 100 pelaku usaha yang ada di Makassar dan sekitarnya. 70 PU di antaranya di siapkan oleh Gojek, dan selebihnya 30 PU dari pihak Dinas Koperasi dan UMKM,” tutur ibu Oda Direktur LPH LPPOM.

Kerjasama ini bertujuan agar pelaku usaha mendapatkan pengetahuan tentang kewajiban dan manfaat sertifikasi halal, serta cara memperolehnya. Sekaligus mereka pun dapat langsung mendaftarkan produk-produknya untuk disertifikasi dan diperiksa oleh LPH LPPOM MUI Sulsel.

Pertemuan ini terlaksana di kantor Dinas Koperasi dan UMKM yang berlokasi di Jl. A.P. Pettarani, Makassar, pada Kamis, 16 November 2023, yang dihadiri oleh perwakilan manajemen Gojek, Kabid Pemberdayaan dan Direktur LPH LPPOM MUI Sulsel yang didampingi oleh pengurus.

Kontributor: Nur Abdal Patta