Makassar, halalmuisulsel.or.id – Dalam rangka sosialisasi, edukasi dan pelatihan sertifikasi halal, owner Yotta Adryan Yudhistira Purwanto selaku salah satu pemilik usaha yang sangat terkenal berbagi tips dan mengungkapkan kunci sukses dalam berbisnis adalah salah satunya memiliki sertifikat halal.

Kegiatan ini mengambil tema memberdayakan UMKM melalui edukasi dan pelatihan sertifikasi halal, yang dipromotori oleh Lembaga Pengkajian Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPH LPPOM MUI) Sulsel bekerjasama dengan Gojek, dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel selaku fasilitator dalam kegiatan tersebut.

Adryan Yudhistira Purwanto, pemilik usaha jenis minuman Yotta memberikan tipsnya dalam kegiatan ini. Ia mengungkapkan lima tips dalam berbisnis yang baik agar bisa sukses dalam menjalankan usaha, khususnya usaha di bidang kulineran.

Adryan memaparkan kelima tips sukses dalam berbisnis yang harus dimiliki oleh para pengusaha. “Antara lain yang pertama adalah menjaga kebersihan tempat. Salah satu upaya untuk membuat nyaman pelanggan dalam berbelanja yakni tempat yang senantiasa bersih, baik itu kebersihan bahan maupun kebersihan lainnya,” ujar owner Yotta.

Tamu kehormatan dalam kegiatan ini pun melanjutkan paparannya. Hal kedua menurutnya yakni peningkatan pelayanan. Ia mengatakan bagaimana pun enaknya produk makanan atau minuman, jika pelayanan terhadap pelanggan mengecewakan maka itu akan membuat mereka beralih ke tempat yang lain, katanya.

Hal ketiga lanjutnya yakni soal rasa. Adryan menyampaikan bahwa rasa adalah salah satu hal yang sangat penting dalam bisnis olahan makanan dan minuman. Sebab katanya, semua orang pasti menginginkan rasa yang enak, dan sedap.

Kemudian yang ke empat adalah soal harga. Ia memaparkan jika terkait soal harga maka di butuhkan beberapa riset secara langsung terhadap masyarakat. Dengan riset inilah dapat di ketahui bahwa harga yang pas untuk di pasaran dengan nominal sekian berdasarkan hasil riset itu.

Lalu yang paling penting kata Adryan adalah soal kehalalan produk. Bagaimana pun enaknya dan nikmatnya suatu produk jika tidak halal maka hal itu tak baik, sebab dengan kehalalan inilah kita bisa memperoleh berkah dan masyarakat pun senang mengkonsumsinya.

Direktur LPH LPPOM MUI Sulsel Raudhatul Jannah Syarief, STP, dalam sambutannya pun mengatakan bahwa tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan sedikit pengetahuan tentang regulasi pemerintah terkait sertifikasi halal yang ada di Indonesia, dan bagaimana alur pengurusan sertifikasi halal ini.

Sosialisasi dan pelatihan sertifikasi halal ini terlaksana di aula Kantor Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Sulsel, Jl. A.P. Pettarani, Makassar, Rabu, 22 November 2023, yang dihadiri oleh puluhan pelaku UMKM, dan perwakilan Gojek.

Hadir pula Kepala Bidang pemberdayaan Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Sulsel Indriastuti Saggaf, SH MH selaku perwakilan fasilitator dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Kontributor: Nur Abdal Patta