Makassar, halalmuisulsel.or.id – Lembaga Pengkajian Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPH LPPOM MUI) Sulawesi Selatan gelar sosialisasi sertifikat halal bersama GoTo (Gojek dan Tokopedia) di aula kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulsel, Jl. A.P. Pettarani, Makassar, Rabu, 22 November 2023.

Direktur LPH LPPOM MUI Sulsel Raudhatul Jannah Syarief, STP mengatakan dalam sambutannya terkait sosialisasi sertifikasi halal yang menggandeng GoTo sebagai mitra dalam kegiatan tersebut mengatakan beberapa hal tentang regulasi pemerintah.

Ia pun menyampaikan bahwa dalam pengurusan sertifikat halal ini perlu memperhatikan beberapa regulasi pemerintah. “Hari ini kami bersama Gojek dan Dinas Koperasi dan UMKM, mencoba untuk memberikan sedikit pengetahuan terkait regulasi sertifikasi halal yang ada di Indonesia. Karena hal itu sangat erat kaitannya dengan proses sertifikat halal ini,” tukas ibu Odah dalam sambutannya.

Raudhatul Jannah pun menambahkan bahwa dalam pemberdayaan UMKM melalui edukasi dan pelatihan ini, juga menghadirkan narasumber yang akan memaparkan bagaimana regulasi tersebut serta alur proses pengurusannya hingga terbit sertifikasi. Mengingat bahwa mulai akhir tahun depan pelaku usaha makanan dan minuman itu wajib memiliki sertifikat halal.

Kegiatan edukasi dan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel, melalui perwakilan Kepala Bidang Pemberdayaan Indriastuti Saggaf, SH MH, yang sekaligus membacakan sambutan kepala dinas.

Sementara itu, Head Regional Public Council and Government Relation Gojek, Ahmad Khomeiny, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dalam sambutan awalnya ia mengatakan Gojek saat ini pun telah menggandeng para pelaku usaha mikro dalam menumbuh kembangkan dan membangun prospek-prospek yang ada saat ini.

Sosialisasi, edukasi dan pelatihan sertifikasi halal ini menghadirkan puluhan pelaku usaha dari berbagai jenis usaha, juga menghadirkan owner “Yotta” Adryan Yudhistira Purwanto atau yang akrab di sapa Adryan, selaku salah satu pelaku usaha jenis minuman yang sangat terkenal di Makassar untuk membagikan tips dalam berbisnis secara halal.

Kontributor: Nur Abdal Patta