Makassar, halalmuisulsel.or.id – Lembaga Pengkajian Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPH LPPOM MUI) Pusat menguji secara langsung 7 kandidat yang akan menjadi Mitra Halal LPH LPPOM MUI Sulawesi Selatan.

Perekrutan mitra halal yang kelak akan ditempatkan di LPH LPPOM MUI Sulawesi Selatan yang lazimnya disebut sebagai marketing, diuji langsung oleh dua orang perwakilan dari pusat sebagai Tim pengujian rekrutmen.

Dediyansyah, sebagai salah satu tim rekrutmen dari LPPOM Pusat mengatakan bahwa salah satu tujuan dari rekrutmen mitra halal ini untuk meningkatkan pendapatan dari LPPOM MUI Sulsel. “Saat ini belum memiliki tim sales sebagai mitra halal, oleh karenanya rekrutmen ini diadakan secara online, langsung dari pusat. Hal inipun dimaksudkan agar mitra halal ini dapat membangun kemitraan dengan UMKM,” ujarnya disela-sela tes, di kantor LPPOM MUI Sulsel, Jl. Sultan Alauddin, Makassar, Selasa, (30/1/2024).

Iyan, sapaan akrab Dediyansyah mengungkapkan harapannya, dengan adanya tim mitra halal ini dapat bergerilya ke seluruh UMKM dan menawarkan jasa sertifikasi secara reguler, sebagai kontribusi mereka terhadap lembaga sertifikasi halal ini.

Rekrutmen mitra halal ini adalah salah satu program pusat yg disinergikan dengan LPPOM MUI Provinsi, salah satunya adalah LPPOM MUI Sulsel, disamping daerah lainnya. Oleh karena melihat potensi yang ada di Sulawesi Selatan itu sangat besar, sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar pula bagi lembaga ini.

“Rekrutmen ini terbagi dalam dua kategori tes, yaitu tes tertulis seperti psikotes dan tes tertulis lainnya. Dan yang kedua adalah tes interview dengan mengajukan beberapa pertanyaan terhadap para kandidat calon mitra,” tambah bang Iyan.

Tes rekrutmen ini berlangsung sehari yang tahapannya dimulai sejak pagi jam 8.30 WITA hingga menjelang sore hari, dan hasilnya akan diumumkan oleh LPPOM pusat setelah lima belas hari kerja.

Kontributor: Nur Abdal Patta