Makassar, halalmuisulsel.or.id – Untuk mensukseskan puncak acara, Lembaga Pemeriksa Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPH, LPPOM MUI) Sulawesi Selatan akan menghadiri acara puncak Festival Syawal 1445.

Acara yang akan digelar pada hari Rabu, 8 Mei 2024 yang berlokasi di Atlantis on the Rock, Plataran Komodo, Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dan akan dihadiri oleh seluruh Direktur LPPOM se Indonesia dan dihadiri pula oleh sejumlah menteri seperti Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama sejumlah pejabat lainnya.

Direktur LPPOM MUI Sulsel, Raudhatul Jannah Syarief mengatakan Festival Syawal ini adalah program tahunan yang digelar oleh LPPOM Pusat di mana lokasi dan temanya berbeda setiap tahunnya.

“Di Sulawesi Selatan sendiri kita telah memilih dua orang pelaku usaha yang berlokasi di Makassar yaitu seputaran Fort Rotterdam. Hal ini sangat berhubungan dengan tema kita saat ini yakni peningkatan ekonomi masyarakat lokal, melalui wisata halal, dan kami telah melakukan program tersebut,” ujar ibu Oda sapaan akrab Raudhatul Jannah.

Disisi lain, acara yang digelar oleh LPPOM pusat merupakan sebuah upaya dalam mensupport pemerintah yang tengah mengembangkan pariwisata di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Presiden pun telah menegaskan poin penting untuk dibenahi di masing-masing daerah wisata, dua di antaranya adalah Pemasaran Produk Lokal dan Promosi Besar-besaran.

Dalam program Festival Syawal 1445 Hijriah yang salah satu kegiatannya adalah fasilitasi sertifikasi halal UMK di seluruh provinsi di Indonesia, LPPOM MUI bahkan mengkhususkan terhadap lima provinsi yang menjadi destinasi wisata yang disebut Destinasi Super Prioritas (DSP) yakni: Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Likupang di Sulawesi Utara, yang sekaligus penyerahan sertifikat halal sebagai puncak acara.

Festival Syawal 1445 H ini memiliki rangkaian-rangkaian acara yang telah dipersiapkan oleh panitia. Selain kegiatan resmi yang akan dihadiri oleh sejumlah menteri dan pejabat lainnya yang akan memberikan sambutan dan arahannya, acara ini pun menggelar tour singkat untuk para peserta festival.

Pada rundown acara terlihat bahwa acara penutup yakni mobilisasi ke area kuliner halal yang menjadi tour singkat area kuliner halal di Kampung Ujung, seperti Seremonial Pembukaan Kawasan Zona Khas KNEKS, mencoba Kuliner Kampung Ujung, dan Tegur Sapa terhadap Pelaku UMK dilokasi tour.

wajibhalaloktober2024

Kontributor: Nur Abdal Patta